h1

Eksistensi Lulusan TP !

15 April 2010

Sebagai padepokan baru di Indonesia, memang teknologi pendidikan abk seorang pendekar yang jurus mautnya belum dikenal banyak dikalangan padepokan persilatan pendidikan Indonesia. Secara historis istilah TP baru muncul di Indonesia sejak kurnag lebih tahun 76-an, pada masa itu Mendikbud Sharif Thayeb dan diakhir tahun 70-an pada saat Mendikbud Daud Yusuf. Program studi TP, sendiri baru pertama kali ada sejak saya kelas 1 SD yaitu tahun 1981. Saat ini, mungkin sudah ada sekitar 20 Universitas yang membuka program studi ini. Itupun sedikit sekali menerima mahasiswa baru, paling banyak 40 mahasiswa per tahun.
Pertanyaanya, apakah eksistensi TP sudah diakui? Dengan segala kerendahan hati, tentu saja belum sepenuhnya di akui. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan TP yang mengeluhkan dimana tempat yang layak untuk dirinya di dunia kerja baik swasta maupun pemerintah.
Secercah harapan telah muncul, satu tonggak pengakuan eksistensi profesi TP, nampaknya mulai terang benderang kelihatan didepan mata. Sebagai informasi, alias kabar gembira saya sampaikan bahwa, kami (Tim Pustekkom) telah berhasil meng-goalkan satu jabatan fungsional bernama Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran yang telah disetujui dan diandatangani SK-nya oleh MENPAN. Artinya disamping guru, peneliti, pustakawan, de el el, ada satu jabatan fungsional lagi yaitu pengembang teknologi pembelajaran.
Petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis serta “berapa upahnya” sedang kami godok. Mudah-mudahan tahun 2010 sudah bisa diimplementasikan.
Bagi Anda yang sudah PNS, ada yang berminat? Pengembang Teknolog Pembelajaran tidak harus lulusan Teknologi Pendidikan, tapi berlaku bagi PNS manapun yang bergerak dan bekerja dalam wilayah teknologi pembelajaran. seperti kawan-kawan yang bekerja di Pusdiklat sebagai desainer pelatihan, pengembang media pembelajaran dan lain-lain boleh ikutan.
Dokumen SKnya seperti apa? Saya punya dan silakan download disini : PERMENPAN-PTP1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: